skip to content

Mempertanyakan Kembali Semangat Open Source

Perlukah open source?

Indonesia baru-baru ini digegerkan dengan insiden bocornya data yang dilakukan oleh hacker bernama Bjorka. Aku pun menjadi semakin aware dengan data-data yang kumiliki, yang tersebar di internet. Soalnya, aku termasuk orang yang segalanya dibuat open source. Tapi, setelah kupikir-pikir, bahaya juga sih open source ini.

Open source itu kan istilahnya, kita melepas begitu aja data yang kita miliki. Tanpa kendali. Kita nggak tau yang pakai data kita itu siapa aja, data kita dibuat untuk apa aja, data kita itu nantinya akan berbahaya buat kita atau tidak.

Di sini, aku mempercayakan lagi filosofi open source. Jadi, open source itu sebenarnya buat apa sih? Bukannya dengan open source ini, nggak ada lagi yang namanya privasi; semuanya public.

Bahaya sih.

Mungkin mulai sekarang, aku akan private dengan data-data yang kumiliki. Ya tentunya nggak akan mengubah data-data public yang telah tersebar sebelumnya menjadi private sih, soalnya bakalan makan banyak waktu. Yang udah ada ya biarlah. Selama nggak ada “error”, nggak masalah.