skip to content

Jangan Investasi Crypto!

Kenapa sih banyak orang yang mau nyoba investasi di crypto?

Kenapa sih banyak orang yang mau nyoba investasi di crypto? Padahal, investasi di crypto itu sangat jauh banget keuntungannya. Memang sih, dengan investasi di crypto, seseorang bisa mendapatkan keuntungan bahkan sampai 100% dalam sekejab. Namun, bisa juga seseorang kehilangan 100% uangnya dalam waktu sekejab. Mengerikan bukan?

Ingat kan tragedi Terra Luna? Itu kalau nggak salah terjadi di bulan Juni tahun ini. Waktu itu, ketika harga Luna bernilai sejuta, tiba-tiba turun menjadi 1 rupiah. What? Ngeri banget. Kenapa ini bisa terjadi? Kalau nggak salah memang waktu itu kepercayaan public menjadi berkurang drastis saat Luna diserang oleh hacker sehingga kestabilan coin-nya menjadi hilang. Soalnya, Luna ini adalah coin yang stabil, begitu klaimnya. Harusnya memang seperti USDT yang 1 USDT setara dengan 1 dolar. Tapi, ternyata tidak. Luna ini ternyata bisa turun sampai 1 rupiah. Ngeri banget.

Ya karena memang kepercayaan masyarakat terhadap crypto ini adalah di sisi security. Namanya uga crypto kan? Cryptography. Jadi, kalau kurang aman, harga coin bisa ambruk.

Tapi aku salut banget sih sama USDT maupun USDC yang nilainya senantiasa sama dengan dolar. Sehingga, ketika ada investor yang ingin membeli crypto, biasanya akan beli USDT terlebih dahulu.

Nah, tapi kan yang stabil itu cuma USDT, yang lainnya nggak. Lagipula, membeli crypto itu kan bukan dicari stabilnya, tapi dicari keuntungannya. Iya kan? Beda sama orang yang membeli emas yang tujuannya itu adalah untuk melindungi aset. Makanya, kalau melihat pergerakan harga emas, malah menurutku nggak bergerak sama sekali. Makanya, aku lebih suka membeli crypto yang sangat dinamis.

Saking dinamisnya crypto, saham aja sampai kalah kelincahannya. Crypto itu sangat liar pergerakan harganya, bahkan nggak ada batasan mau ke mana dia naik atau turunnya. Tergantung keinginan pasar aja sih, apalagi kalau udah dikendalikan sama whale, bakalan lebih liar lagi pergerakannya.

Makanya, kalau mau investasi di crypto, nggak boleh pakai uang sehari-hari. Gunakan uang yang memang nggak dipakai, yang kalau uang itu hilang, kita nggak masalah. Makanya, jangan banget pakai uang pinjol atau uang SPP buat investasi di crypto walaupun kamu sangat jago membaca candle stick. Sangat berbahaya ya. Apalagi volatilnya sangat tinggi.

Usaha yang aman aja bisa tiba-tiba sepi kok, apalagi crypto yang pergerakannya itu sangat nggak bisa diprediksi.