skip to content

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android

Mudah banget loh

Gimana sih cara mudah membuat aplikasi Android? Kalau aku sih, pakai cara membuat HTML-nya dulu, terus di-generate dengan Andro. Singkatnya sih gitu. Oh iya, mungkin aku akan jelaskan cara panjangnya.

Pertama, clone dulu mzaini30/hp. Itu udah ready banget buat membentuk aplikasi Android dengan HTML. Lebih tepatnya sih dengan Svelte. Jadi, harus udah ada basic tentang Svelte sih. Mudah aja itu. Soalnya, di antara framework JavaScript, Svelte itu yang paling mudah. Itu sih alasanku kenapa memilih Svelte.

Kemudian, kalau sudah merancangnya dengan template tadi itu, build dengan npm run build. Nanti, akan jadi folder bernama dist yang merupakan hasil build-nya. Sekarang, install Andro dengan perintah npm i -g andro. Setelah terinstall, init project Andro dengan perintah: andro init. Nanti akan terbentuk file andro.json yang merupakan data aplikasi Android-nya dan folder andro yang merupakan template Android Studio-nya.

Isi dari andro.json itu kurang lebih seperti ini:

json
{
"folder": "dist",
"judul": "Aplikasi",
"admobApplication": "ca-app-pub-3940256099942544~3347511713",
"admobBanner": "ca-app-pub-3940256099942544/6300978111",
"versi": 1,
"id": "com.user.app"
}

Itu tinggal disesuaikan aja ya.

Terus, olah template Android Studio-nya dengan perintah: andro. Udah. Aplikasi Android kita pun siap dimasak di Android Studio. Jadi, proses berikutnya tinggal tambahkan icon aplikasi di Android Studio dan membuat keystore.